PENYAMPAIAN VISI DAN MISI CALON KETUA DAN WAKIL OSIS SMPK IMMACULATA RUTENG PERIODE 2024/2025

Tujuan dari pemilihan ketua dan wakil OSIS ini adalah meningkatkan budaya demokrasi sejak dini, yang mana mampu memilih pemimpin dari hati nurani masing-masing untuk masa depan SMPK Immaculata yang lebih baik selama masa kepemimpinan 2024/2025.

Ruteng-Senin, 29 Januari 2024. Komisi Pemilihan Pengurus Osis mengadakan gelaran penyampaian visi dan misi bakal calon ketua dan wakil OSIS bertempat di Aula tengah SMPK Immaculata Ruteng. Telah terpilih 7 pasangan calon ketua dan wakil OSIS dari kelas VII dan VIII diantaranya pasangan calon ketua dan wakil OSIS nomor urut satu Marcianus De Putra Ui dan Zefanya Rahmawati Dwi Putri, nomor urut dua Gloria Thalita Alblandini dan Rana Maria Bellarmin, nomor urut tiga Fransiska Mawar Pakar dan Catharine Kezia Abigaer, nomor urut empat Margaretha Alfa Eklesya dan Anna Maria Chelsae Bupu Malut, nomor urut lima Paskalis Jimi Firman dan Christian Charly Hambur, nomor urut enam Samuel Ariya Krisna dan Angela Novanna Fiorilia, dan pasangan nomor urut tujuh Mariella Qrye Louisa dan Krecentia Chelsea Gunawan.

Kegiatan ini dibuka dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Ibu Doneta S. S. Damon, S.Pd, dalam amanatnya beliau menegaskan bahwa, “pilihlah pemimpin yang mampu memimpin, berkomunikasi, dan bekerja untuk kemajuan dan kebaikkan sekolah.” Tujuan dari pemilihan ketua dan wakil OSIS ini adalah meningkatkan budaya demokrasi sejak dini, yang mana mampu memilih pemimpin dari hati nurani masing-masing untuk masa depan SMPK Immaculata yang lebih baik selama masa kepemimpinan 2024/2025.

Pada pelaksanaan pemaparan visi dan misi diawali dengan pembacaan aturan oleh moderator, kemudian para pasangan calon ketua dan wakil ketua osis diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misi mereka yang akan ditanggapi oleh para peserta didik lain baik dari kelas VII, VIII, ataupun kelas IX. Visi yang dipaparkan oleh pasangan calon ketua dan wakil Osis antaralain pasangan nomor urut satu yakni “Berupaya menjadikan OSIS SMPK Immaculata Ruteng sebagai organisasi yang selalu aktif, penuh kreatifitas, inovatif, berprestasi khususnya dalam bidang pendidikan”, pasangan nomor urut dua “Mewujudkan peserta didik SMPK Immaculata Ruteng yang unggul di bidang akademik dan non akademik, sehingga terwujudnya peserta didik yang berkualitas, berprestasi, kreatif, dan inovatif”, pasangan nomor urut tiga “Mewujukan lingkungan sekolah yang harmonis, kreatif, inklusif, dan berdaya saing tinggi, serta mewujudkan OSIS yang menjadi penutan untuk peserta didik yang lain”, pasangan nomor urut empat “Membangun karakter berbudi luhur, akal yang baik, disiplin bertanggungjawab, dan mebangun OSIS yang kreatif dan inovatif”, pasangan nomor urut lima “Menjadikan OSIS sebagai wadah yang menampung segala aspirasi, bakat potensi, dan kreatifitas demi memajukan bakat yang dimiliki peserta didik”, pasangan nomor urut enam “Menjadikan OSIS SMPK Immaculata Ruteng sebagai wadah dalam perwujudan sekolah yang bersih, tertib, dan disiplin dalam mencapai siswa yang bertaqwa, bebudi pekerti luhur, dan bermoral tinggi”, dan pasangan nomor urut tujuh “Program kerapian berpakaian, membangun lingkungan sekolah yang iklusif, aman, dan ramah, mengajak peserta lain untuk aktif dalam mengikuti kegiatan sekolah, berkolaborasi dengan sekolah luar dalam bidang memperluas ilmu pengetahuan”. Dari Visi dan misi yang dipaparkan para pasangan calon mampu menanggapi apa yang ditanya oleh peserta didik lain.

Akhir dari pemaparan visi dan misi dari masing-masing pasangan calon ketua dan wakil OSIS, Bapak Hendrikus Konigun, S.Fil selaku pembina OSIS memberikan kesempatan kepada masing-masing calon untuk berkampanye dengan retang waktu 1 minggu sebelum pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS yang baru.

*edtr.immcul.

LINK TERKAIT